Jumat, 08 Juli 2011

kupu-kupu


Serba-serbi                                          
Kupu-kupu adalah hewan yang unik, hewan yang memeliki perubahan bentuk di tahap kehidupanya (metamorphosis).kupu-kupu memiliki 2 sayam yang indah, sayapnya digunakan terbang untuk mencari makan yaitu madu, tapi selain itu sayapnya digunakan untuk mengelabuhi musuhnya. Kalian tentu sudah pernah meliah kadang pada sayang kupu-kupu ada titik hitam yang menyerupai mata. Nah … nah titik hitam yang meyerupai mata tersebut yang nantinya dikira mata binatang yang besar oleh mangsanya. Mangsa kupu-kupu biasanya Bangsa kadal.
             Kupu-kupu merupakan binatang yang bermanfaat bagi tumbuhan dan manusia. Kupu-kupu bersimbiosis dengan bunga. Simbiosis adalah hubungan antar mahkluk hidup dilingkungan. Kupu-kupu dan bunga saling berketergantungan sama-sama menguntungkan satu sama lain, kupu-kupu hingap pada buang untuk mendapatkan sari bunga, sedangkan bunga mendapat keuntungan krana kaki-kaki kupu-kupu secara tidak sengaja membantu dalam proses penyerbukan (jatuhnya sebuk sari dikepala putik) hubungan ini biasa disebut simbiosis Mutualisme.

KLASIFIKASI KUPU-KUPU
Kingdom        : Animalia
Divisi              : Rhopalocera
Filum              : Arthopoda
Class              : Insecta
Ordo               : Lipidoptera

            Kupu-kupu termasuk ordo Lepidoptera dan kelas Insecta (serangga) yang permukaan sayapnya tertutup oleh sisik. Lepidoptera (lepis berarti sisik, pteron berarti sayap) dibedakan menjadi 2 (dua) golongan yaitu kupu-kupu (sub ordo Rhopalocera) sekitar 20.000 spesies dan ngengat (sub ordo Heterocera) sekitar 100.000 – 140.000 spesies.
Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat alias kupu-kupu malam berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan ngengat kebanyakan aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada perkecualiannya, sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan pegangan yang pasti.
Namun, secara lebih rinci pembagian tersebut dilakukan berdasarkan ciri khas dari masing-masing sub ordo yaitu sebagai berikut : (1) Sayap kupu-kupu bergandengan pada tiap sisi, sedangkan sayap belakang ngengat mengikat sayap depan dengan bantuan duri atau pegangan. (2) Ujung antena kupu-kupu meluas sedangkan ngengat tidak. (3) Biasanya kupu-kupu terbang pada siang hari sedangkan ngengat pada malam hari. (4) Waktu istirakhat, sayap kupu-kupu berdiri tegak, sedangkan sayap ngengat tidak berdiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar